//
you're reading...
Uncategorized

analisis WEB

Banyak cara untuk melakukan penelitian sebuah website dari segi kwalitas dan kuantitasnya. Dalam menganalisis sebuah website, tentu banyak hal yang harus dipertimbangakan. Mulai dari content, layout, graphic, traffic, overload, management access dan security serta segi komersiilnya. Untuk menentukan website itu baik atau buruk, tidak cukup mudah maupun sulit, dan yang pasti tidak ada sebuah hasil karya di dunia website yang buruk kecuali menyalahi aturan. ada beberapa point cara analisis sebuah website :

1. Traffic

Kenapa traffic termasuk dalam analisis website? Jawabannya cukup simple. Sebuah web kalau pengunjungnya banyak dan lama berkunjungnya, bisa di artikan website tersebut bermanfaat bagi pencari informasi. Masih tidak percaya ? Buktinya google akan memberikan iklan/adsense nya kalau website tersebut telah banyak dikunjungi orang (Cara halalnya).

2. Kecepatan Akses

Menunggu? Membosankan. Itu kata pertama yang terlintas di pikiran. Berarti kita sama. Kenapa kecepatan akses web, karena website yang aksesnya lama akan membuat pengunjung untuk batal berkunjung ke website tersebut, ini dampak negatifnya. Tp dampak negatif ini juga bermanfaat bagi pemilik website yang notabene menacari traffic untuk layanan komersiilnya. Karena akan meningkatkan traffic website tersebut. Alhasil kemungkinan PR meningkat juga ada dan tawaran bisnis mungkin juga mengalir walaupun disebut traffic fake (cara bodoh).

3. Security member

Untuk hal ini perlu penanganan khusus, misalnya saja untuk keperluan tertentu, website dengan content khusus sebaiknya menggunakan fasilitas member karena untuk menjaga bahwa file tersebut tidak jatuh pada orang yang tidak di inginkan. Contohnya blogspot juga memberikan layanan ini untuk content dewasa.

4. IP Tracker

Kalau fasilitas ini bisa dibilang pelacak secara auto. Karena setiap kali kita berkunjung ke website, IP address komputer kita akan dicatat oleh system website tersebut. Tidak hanya IP saja yang bisa di ambil. Hal ini untuk keperluan review bagi pemilik website. Contohnya: Website saya sudah ada layanan IP tracker ini. Jadi setiap teman-teman buka post atau buka apa saja, secara otomatis nama komputer, IP, hal yang dilakukan, tercatat dalam sistem saya. Jadi saya bisa tahu siapa saja teman sekelas saya yang buka website saya dari Nama Komputer saja.

5. Spam security

Ini buat mereka yang suka bermain spam/sampah, bertobat ya. Hehe…… Untuk menghindari hal ini, alngakh baiknya sebuah website mempunyai system auto block spam. Jadi kemungkinan hal yang tidak diinginkan bisa diminimalkan.

6. Captcha Security

System ini adalah salah satu cara untuk block spam. Systemnya, setiap pengunjung akan diminta untuk mengetik ulang teks yang berbentuk gambar atau tulisan acak sebelum submit komentar.

7. Layout dan Graphic

Hal ini sangat diperlukan karena website yang memiliki layout rapid an graphic yang indah, akan membuat pengunjung betah belama-lama untuk berkunjung. Dengan beberapa tambahan graphic flash, gambar, video, akan mempercantik dan memperjelas informasi yang ada.

Software/plugin/aplikasi untuk menganalisis website :

1. Google analytic

Aplikasi dari google untuk mengetahui darimana pengunjung, berapa jumlah pengunjung tiap hari/bulan/tahun.

2. IBP

Internet Bussines Promotore merupakan layanan untuk skala bisnis untuk mencari trend, keyword, pengunjung serta memonitoring aktifitas dalam website.

3. FeedBurner Reader

Fasilitas gratis dari feedburner untuk melihat post/artikel apa saja yang telah dibuka pengunjung setiap harinya. Layanan ini juga menyediakan form untuk berlangganan artikel pada pengunjung dengan mengirimkan email ke pengunjung.

Discussion

No comments yet.

Leave a comment

Categories